Loading
Berita 18 September 2024 Dilihat 26 Orang
Penandatangan MOU antara Fukuyama University Jepang dan Unmas Denpasar.
Pada tanggal, 2 September 2024.

    Telah diadakan penandatanganan MOU antara Universitas Mahasaraswati Denpasar dan Fukuyama University Japan yang dilakukan oleh Rektor Fukuyama University (Prof. Yutaka Otsuka), dan Rektor Universitas Mahasaraswati Denpasar (Dr. Drs. I Made Sukamerta, Ph.D.) Selain MOU, kedua Rektor Universitas juga menandatangani Memorandum of Agreement (MOA) mengenai pertukaran mahasiswa yang memungkinkan mahasiswa dari kedua Universitas untuk berkuliah di universitas mitra selama satu hingga dua semester.

    Kegiatan penandatangan berbarengan dengan kegiatan Cultural Exchange yang diikuti 11 mahasiswa Fukuyama University yang sedang mengikuti Summer Camp di Bali. Selain Universitas Fukuyama, acara ini juga dihadiri oleh Universitas Kumamoto Gakuen, yang juga sedang melakukan Summer Camp, serta para penerima beasiswa Darmasiswa dari pemerintah Indonesia yang berasal dari Jepang, Polandia, India, Kamboja, Kazakhstan, dan Hongaria. Kegiatan juga disaksikan oleh para Wakil Rektor dan juga para dosen dari Fakultas Bahasa Asing. Rektor Fukuyama University juga berkesempatan untuk memperkenalkan Fukuyama University, serta berdiskusi mengenai bentuk kerja sama akademik dan pertukaran mahasiswa yang lebih konkret ke depannya.
       
    Hubungan antara Universitas Fukuyama dan Universitas Mahasaraswati sudah terjalin cukup lama, sejak tahun 2013 ketika Fakultas Ekonomi pertama kali mengadakan program Summer Camp di Bali. Sejak saat itu, hubungan ini telah berlangsung lebih dari 10 tahun. Meskipun dua kali harus dibatalkan akibat pandemi COVID-19, program pelatihan musim panas terus diadakan setiap tahun. Pada tahun 2016, perjanjian pertama ditandatangani antara Fakultas Ekonomi Universitas Fukuyama dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Saraswati Denpasar pada waktu itu. Pada tahun 2019, perjanjian diperpanjang kembali dengan Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati. Selain pelatihan musim panas, kedua fakultas juga memperdalam hubungan melalui kuliah umum secara online dan bentuk pertukaran lainnya.